Richard Dale Jenkins Memenangkan Satu Penghargaan Fangoria Chainsaw

Richard Dale Jenkins (lahir 4 Mei 1947) adalah seorang aktor Amerika. Jenkins memulai karir aktingnya di teater di Trinity Repertory Company dan kemudian membuat debut filmnya pada tahun 1974. Dia telah bekerja dengan mantap di film dan televisi sejak 1980-an, kebanyakan dalam peran pendukung.

Peran utama pertamanya tidak datang sampai awal 2000-an, ketika dia memerankan almarhum patriark Nathaniel Fisher di serial drama pemakaman HBO Six Feet Under (2001–2005). Ia juga dikenal karena perannya dalam film sbobet online Burn After Reading (2008), Step Brothers (2008), Let Me In (2010), Jack Reacher (2012), dan The Cabin in the Woods (2012).

Jenkins dinominasikan untuk Academy Award untuk Aktor Terbaik untuk film drama The Visitor (2007). Dia memenangkan Primetime Emmy Award untuk Aktor Utama Luar Biasa dalam Serial Mini atau Film untuk serial drama terbatas Olive Kitteridge (2014). Untuk penampilannya dalam film drama fantasi The Shape of Water (2017), Jenkins menerima nominasi Academy Award, Golden Globe, dan Screen Actors Guild Award untuk Aktor Pendukung Terbaik.

Richard Dale Jenkins adalah aktor pemenang Emmy-Award dari Amerika. Dia terkenal karena memerankan Profesor Walter Vale di ‘The Visitor’, Giles di ‘The Shape of Water’, Nathaniel Fisher, Sr. di ‘Six Feet Under’, dan Henry Kitteridge di ‘Olive Kitteridge’. Berasal dari Illinois, Jenkins adalah seorang sopir truk linen sebelum dia berkelana ke dunia akting. Dia kemudian belajar drama di Illinois Wesleyan University dan kemudian pindah ke Rhode Island.

Di sana, ia memulai karirnya di atas panggung sekaligus mendapatkan pekerjaan pertamanya di televisi, dalam serial antologi PBS ‘Great Performances’ pada tahun 1974. Debut sinematiknya terjadi sekitar 11 tahun kemudian, dalam film barat tahun 1985 ‘Silverado’. Selama karirnya yang panjang, dia telah mengumpulkan lebih dari seratus kredit film dan TV.

Jenkins telah dinominasikan untuk dua Academy Awards, Golden Globe Award, dan empat Screen Actors Guild Awards. Selain Primetime Emmy, Jenkins telah memenangkan satu Penghargaan Fangoria Chainsaw, satu Penghargaan Satelit, dan dua Film AARP untuk Penghargaan Orang Dewasa.

Richard Jenkins lahir pada 4 Mei 1947 di DeKalb, Illinois, AS. Dia adalah seorang aktor dan produser, dikenal sebagai bentuk air (2017), pengunjung (2007) dan saudara tiri (2008). Ia telah menikah dengan Sharon R. Friedrick sejak 23 Agustus 1969. Mereka memiliki dua orang anak.